Sabtu, 17 Januari 2015

Di Balik Kisah si Gitar



Menurutku, cewek yang bisa main gitar itu tingkat kekeceannya naik menjadi 88%. Liat aja tuh si Sherly yang hostnya BrackOut di Net, dia gak cantik-cantik amat tapi bisa nyanyi sambil ngiringi sendiri lagunya pake gitarnya, maka dari itu dia kelihatan keren. Terus yang paling keren itu Maudy Ayunda. Wuih udah manis, suaranya bagus, aktingnya bagus, bisa mainin alat musik pula lagi, ah Maudy kamu buat iri deh. Ah udah ah gak mau iri-irian, dosa. Gara-gara pengen bisa banget main gitar, aku sampe beli gitar. Dan dibeliinnya itu sampe nunggu 1 bulan. Awalnya aku minta ke Ibu, kirain Ibu gak bakalan ngasih kalo aku minta dibeliin gitar. Tapi ternyata dia malah bilang gini “yaudah nanti ya tunggu Ibu ada uang baru kita beli”. Walaupun gak langsung dibeli, tapi aku udah senang karena udah ada kepastian dari Ibu. Aku gak berani minta sama ayah, karena udah pasti ayah gak ngizini untuk beli barang yang gak aku butuhkan. Beberapa minggu setelah itu, Ibu menanyakannya.

Ibu   : “Berapa harga gitar yang mau dibeli Ntan?”.
Aku : “Gak tau Bu, kalo yang bermerk ya mahal”.
Ibu   : “Jangan beli yang bermerk dulu, entar kalau rusak sayang kan. Lagian kamu juga belum bisa dan masih mau belajar, beli yang biasa aja dulu ya. Ini Ibu ada uang cuma segini, kamu pergi beli sana sama ayah belinya”.


Waktu itu Ibu ngasih uang Rp.300.000. Dan sorenya aku ajak ayah untuk nemani aku beli gitar, ternyata ayah punya teman yang punya toko alat musik. Sore itu kami langsung pergi ke toko alat musik itu. Sampai di sana aku melihat banyak sekali alat-alat musik keren, salah satunya drum. Aku jadi ingat  waktu awal masuk SMA dulu, ada abang kelas yang caper gitu. Dulu kan masih zamannya facebook, jadi ketika aku buka facebook, ternyata dia nge-add aku, ya mungkin dia cari tahu banget tentang aku, tapi gak mau suudzon ah. Eh tapi masa kebetulan dia nge-add, padahal kan dia gak tahu namaku *suudzonnya kembali*.  Yaudah deh aku confirm aja permintaan pertemannya, setelah itu dia ngechat aku. Sebut saja namanya bang Je.

Bang Je : “Malam dek, belum tidur?”
Aku       : “Kalau udah tidur, gak mungkin dibalas”.
Bang Je : “Oh iya hehe. Yaudah tidurlah sana besok kan sekolah”.

Aih aih ini orang ngatur banget ya, dia gak tau apa kalau aku insomnia garis keras haha. Setelah chat’an itu hampir tiap hari dia ngechat terus, padahal aku selalu balas dengan singkat, tapi kenapa ya dia gak ngerasa dicuekin gitu? Satu kalimat yang buat aku semangat chat’an sama dia, yaitu “Dek, ngeband yok!”. Ngebaca kalimat itu aku langsung duduk, padahal tadinya tidur-tiduran manja. Setelah dia ngejelasin ini itu, akhirnya dia minta nomorku agar gampang kalau mau menghubungi. Aku kasih aja, tapi gara-gara kata “ngeband” itu, makanya aku kasih. Inti dari ajakan dia itu karena drummer di band dia pindah keluar kota, jadi dia nyari drummer tapi yang cewek. Aku tertarik sekali dengan tawaran dia, karena emang aku suka musik. Aku udah bilang ke dia, kalau aku sama sekali gak bisa main alat musik, apalagi drum. Tapi dianya nawari mau ngajari aku dari dasar. Minggu depan dia ngajakin ke studio musik untuk latihan dan dia akan ngenali aku ke teman-teman band nya Aku deg-degan, udah berpikir kalau aku bakalan cewek sendiri disitu. Singkat cerita, aku sampai ke studio musik itu. Aku kaget, ternyata teman-teman bandnya bersekolah di SMA yang sama, dan salah satu dari mereka pernah ngospek aku, ya ampun. Mereka nungguin aku sambil duduk di atas ayunan yang berada di halaman studio itu. Karena aku telat, aku langsung minta maaf banget sama mereka, tapi ternyata mereka asyik, mereka gak marah. Bang Je ngenalin aku ke mereka, aku gerogiiiiiiiiiii. Setelah itu kami semua masuk ke dalam studio. Ah aku seperti orang awam yang gak tahu apa-apa. Aku bingung mau ngapain disitu, sedangkan yang lain sibuk megang sambil menyetel alat musik yang mereka kuasai. 

Bang Je : “Ntan, sini duduk sini, drumnya udah abang setting”

Aku menghampiri bang Je, dan duduk di kursi drum. Aku dikasih stick drum, tapi malah aku putar putar layaknya drummer professional *ini sih namanya banyak gaya*.

Bang Je : “Ceieleh bisa ya mutar-mutarin stick”, ledeknya.

Aku cuma tertawa. Emang kebiasaan kalo megang stick aku putar-putarin gitu. Karena dulu aku pernah ikutan dalam suatu drum band di SMP ku. Jadi bisalah cuma sekedar mutar-mutarin stick gitu atau sekedar mukulin snare drum hehe. Pertama-tama aku dikenalin bagian-bagian dari drum, yaitu snare, tom-tom, cymbal, pedal, dll *aku lupa*. Setelah itu dijelasin ketukan dasar yang ada di drum. Setelah ngerti, aku praktekin, tapi gagal, selalu gak pas ketukannya. Dan itu buat aku malu, gimana gak malu teman-teman yang lain pada ngiringi dengan gitar dan bassnya. Ternyata bang Je orangnya penyabar banget, dia ngejelasin lagi dengan tenang sampai aku bisa, aku praktekin lagi dan ternyata bisa, walaupun ketukannya masih agak-agak lari. Aku bangga dan senang banget bisa ngiringi sebuah lagu dengan permainan drum ku, ya walaupun cuma reff nya doang haha. Setelah aku bisa ketukan dasar tersebut, aku diajari lagi ke ketukan berikutnya, dan itu memerlukan tenaga kaki yang kuat. Ternyata main drum itu gak cuma tangan doang, kaki harus bisa main juga. Di ajaran ini ni yang susah, aku susah sekali nginjak pedal, kaki terasa pegal, gak sanggup. Terus bang Je megang tanganku dari belakang, dan dia nyuruh fokuskan ke pedalnya, karena gerakan tangan biar dia yang arahin. Tapi aku kok malah berpikiran kalau dia ada niat yang terselubung ya. Megangi tenganku erat kali, kayak tanganku mau lepas.  Terus rambutku yang di belakang ngerasa diciumin gitu, karena hidung sama mulut bang Je tepat sekali di belakang kepalaku.

Aku      : “Ah capek ah”. Aku langsung bangkit dari tempat duduk, karena aku menghindari perbuatan bang Je yang gak udah iya itu”.
Bang Je : “Yaudah, Intan istirahat aja dulu ya”.

Aku langsung duduk di kursi yang tersedia. Lalu bang Je dan teman-temannya memainkan lagunya Kerispatih dan lanjut lagunya RAN. Eh eh tapi kali ini  dia malah main gitar. Ternyata bang Je gak cuma bisa main drum doang, tapi dia bisa main gitar, bass, drum. Wuih wuih semua di borong ah. Walaupun begitu, tapi aku merasa gak srek sama bang Je. Aku jadi bingung sebenarnya posisi dia di bandnya itu apa, ternyata dia aslinya pemain gitar.

Setelah beberapa menit aku disuruh latihan lagi, tapi aku gak mau. Aku bilang aku masih capek, padahal aku gak mau belajar main drum kalo masih bang Je yang ajarin. Dia nyari kesempatan dalam kesempitan. Karena aku gak mau, mereka malah nyuruh aku nyanyi. Astagaaa suaraku cempreng malah disuruh nyanyi, ya Tuhan. Ah tapi biarlah, biar ada pengalaman kalau pernah jadi vokalis hahaiii. Mereka nanya aku mau lagu apa, aku jawab aja lagunya Vierra yang judulnya Bersamamu. Mereka langsung memainkan musik, dan satu lagu habis tersisir oleh suaraku. Mereka minta 1 lagu lagi, dan aku maunya lagu Killing Me Inside yang judulnya Biarlah. Waktu aku nyanyi, tiba-tiba suara bang Je nimbrung, jadilah kami duet. Dan itu buat aku badmood, gak tau kenapa kok aku bisa bad mood. Semakin lama waktu semakin berlalu, waktu untuk penyewaan studio pun habis. Setelah keluar, aku langsung pamit dan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka. Aku langsung tancapkan gas motorku, karena aku gak mau latihan sama mereka lagi. Aku ilfil sama bang Je. Di sekolah aku juga selalu menghindar dari bang Je. Aku gak suka lihat dia. Mau ngajakin latihan aja pake masuk ke kelas, kayak gak ada nomor hp ku aja dia. Aku bilang aku mau fokus belajar, gak mau main musik dulu. Walaupun itu alasan basi, tapi manjur. Dan sampai sekarang aku belum bisa main drum.



Ohiya, lanjut ke gitar lagi yuk. waktu di toko musik aku gak berani milih gitar ini itu, karena aku sadar uangku gak ada, adapun itu uangnya Ibu, dan aku juga takut gak cukup. Aku serahkan semuanya ke ayah, aku cuma bisa ngelihat yang mana yang dipilih ayah. Ayah menyuruh penjaga toko itu untuk menurunkan 3 gitar yang digantung. Lalu ayah mengecek kondisi gitar tersebut, dan menanyakan harganya.


Ayah              : “Ini berapaan dek?”.
Penjaga Toko : “Rp.620.000 pak”.
Ayah               : “Ah mahal sekali, Rp.450.000 ya”, tawarnya.
Penjaga Toko : “Aduh pak gak bisa, itu udah harga yang dikasih boss saya”, jawabnya dengan tawa.

Sayang sekali ya teman ayah yang punya toko itu lagi liburan keluar negeri, jadi gak bisa dikasih harga teman deh.

Ayah              : “Udahlah segitu aja ya, tawar ayah lagi”.
Penjaga Toko : “Tambahin Rp.50.000 lagi ya pak, jadinya Rp.500.000”.
Ayah               : “Ah kau dek mahal kali ngasih harga, yaudah apainkanlah lah ini gitarnya”.

Ternyata ayah menambahkan Rp.200.000 untuk beli gitarnya. Makasih ayah! Aku senang akhirnya punya gitar juga, selesai transaksi aku memegang dan jalan ke parkiran. Abis itu aku masukin gitar dulu ke mobil, terus baru deh aku yang masuk. Yaiyalah Ntan, kalau kau nya duluan yang masuk, terus apa iya gitarnya masuk sendiri gitu? *tiba-tiba bayanganpun ngomong*.


Stick drum dari SMP hingga sekarang masih ada
Sampai di rumah aku langsung nunjukin gitar itu ke Ibu. Lalu aku ke kamar untuk buka youtube, aku belajar gitar dari youtube. Gampang-gampang susah ternyata :’). Gak Cuma belajar dari youtube doang, aku juga minta diajari sama temanku yang bisa main gitar. Dia udah capek ngajari, tapi aku malah gak bisa. Ihhh kesel ah. Aku ngerasa aku gak punya bakat untuk main gitar.Lama kelamaan aku ngerasa kok aku jadi malas buat maininnya ya. Sampe aku niat untuk ngejual gitar itu, tapi niatku itu langsung aku buang karena aku ingat Ibu yang udah ngumpulin uang buat menuhi permintaanku ini.  Sekarang gitarnya udah gak enak buat dimainin, terus tali gitarnya udah bolak balik ganti. Bukan karena sering aku mainin, tapi karena sering dipinjam sama teman-temanku. Sampe sekarang gitar itu aku letak di kamarku, dan setiap melihatnya aku selalu ingat Ibu. Makasih Bu udah beliin intan gitar, tapi maaf ya Bu kalau sampai saat ini Intan belum pandai memainkannya . Intan sayang Ibu <3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar